Cara Menampilkan Pilihan Instalasi OS 64 bit di Virtual Box



Berawal dari permasalahan yang saya alami sendiri yaitu tidak tersedia pilihan untuk menginstal os versi 64 bit di virtualbox seperti gambar dibawah ini:


Sedangkan di laptop kawan saya dia tersedia pilihan untuk instalasi 32 dan 64 bit, pertama saya mengira versi virtualbox saya yang jadul jadi saya mennguninstalnya dan mendownload yang baru. Eh ternyata sama saja tidak tersedia juga. Lalu saya berpikir apakah pengaruh dari spek laptop, emang sih laptop kawan saya gg tapi kayaknya tidak karna harusnya kalo spek dia pasti pas menjalankannya palingan beda.

Kemudian saya mencoba googling di internet dan mendapatkan jawabannya ternyata untuk bisa mengaktifkan pilihan 64bit laptop kalian harus memenuhi 2 syarat ini yaitu:
1. OS kalian harus 64 bit, misal windows 64bit dan prosesornya pun harus mendukung 64 bit cara ceknya di klik kanan pada logo windows lalu pilih system.

2. Kalian harus mengaktifkan intel virtualization di bios, nah untuk ini sebenarnya tergantung laptop ada atau ga, tapi kebanyakan laptop baru sekarang sepertinya sudah pasti ada, kecuali kalo laptop jadul hehe. Untuk caranya masing-masing laptop beda ya cari aja yang ada tulisan virtual lalu enable kan. saya belum sempat menfotonya nanti saya update lagi.

Oke setelah itu semua coba kalian buka lagi virtual boxnya pasti sudah tersedia pilihan 64bit seperti saya ini :

Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini